5 Jenis Tempat dan Pemberi Pinjaman Tanpa Bunga untuk Modal Usaha Terbaru Tahun 2018

5 Jenis Tempat dan Pemberi Pinjaman Tanpa Bunga untuk Modal Usaha Terbaru Tahun 2018

Pinjaman secara umum bisa diperoleh dengan bunga atau biaya yang wajib kamu bayar, namun sebagian orang ingin memperoleh pinjaman tanpa bunga untuk modal usahanya. Apakah ada? Jawabannya ada, tergantung tempat dan kepada siapa kamu melakukan pinjaman. Tidak harus di lembaga keuangan maupun bank, masih banyak tempat yang bisa digunakan sebagai tempat meminjam.

Untuk memudahkan mencari tempat pemberi pinjaman yang tepat, kenali terlebih dahulu beberapa pihak atau lembaga mana saja yang memberikan pinjaman. Tidak kalah penting, pelajari bagaimana cara dan solusi agar mendapatkan pinjaman tanpa bunga dari setiap lembaga atau pihak tersebut.

Dilansir dari HaloMoney.co.id, terdapat 5 jenis tempat dan pemberi pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha terbaru tahun 2018. Ketiga jenis diantaranya berasal dari individu maupun lembaga perbankan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:


1. Jasa Pegadaian

PT Pegadaian merupakan salah satu pemberi pinjaman tanpa bunga sekaligus sebagai institusi gadai yang paling dikenal milik pemerintah. Selain bisa ditemukan dengan mudah di daerah khususnya kota, jasa pegadaian menjadi salah satu opsi jika kanu membutuhkan pinjaman dana untuk modal usaha.

Meskipun tidak memberikan bunga, jasa pegadaian memiliki sistem yang berlaku yaitu sewa modal dan biaya administrasi. Sistem ini dihitung setiap 15 hari sebanyak 1,15 persen. Artinya sewa modal semakin rendah jika kamu mengembalikan dana kurang dari 15 hari.

Untuk nilai pinjaman yang diterima tergantung nilai taksir dari jaminan yang kamu berikan kepada pegadaian. Jaminan tersebut seperti alat-alat elektronik, kendaraan bermotor, ponsel pintar hinga perhiasan emas. Setelah selesai ditaksir nilainya berdasarkan kualitas, kamu sudah mendapatkan pinjaman yang bisa kamu gunakan untuk menutupi kebutuhan keuangan maupun untuk modal usaha.

Perlu diperhatikan, tidak semua jenis barang bisa digunakan sebagai barang jaminan di pegadaian. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu ketentuan dan syarat sebelum melakukan pinjaman.


2. Gunakan Sistem Syariah

Sistem bank syariah atau yang disebut juga dengan model akad seperti salam, istishna, mudharabah, musyarakah, dan murabahah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini juga terkait dengan beberapa kegiatan seperti ijarah (kegiatan sewa) dan Qardul Hasan atau Rahn (Gadai).

Sistem ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha. Dana pinjaman yang bisa kamu cairkan besarnya bervariasi tergantung kebutuhan, beberapa bank syariah bahkan ada yang memberikan pinjaman hingga ratusan juta. Meskipun pinjaman syariah tidak mengenal istilah bunga, kamu wajib menghitung periode pinjaman dan besarnya cicilan. Perlu diketahui, cicilan bulanan tersebut termasuk bagi hasil dari bank.

Mudahnya sistem yang ditawarkan, membuat semakin banyak lembaga keuangan syariah yang memberikan penawaran produk KTA syariah. Oleh karena itu, kamu harus lebih hati-hati dan teliti untuk melakukan pemilihan KTA dan cermat memaksimalkan keuntungan yang diberikan KTA, jangan sampai dana yang harus kamu kembalikan lebih besar dari nilai dana yang kamu dapatkan.


3. Pinjam Uang pada Kerabat dan Saudara

Meskipun terlihat mudah dan tidak membebani membayar bunganya, meminjam uang kepada kerabat atau saudara faktanya tidaklah mudah untuk dilakukan. Hal ini karena tidak semua kerabat dan saudara memiliki modal yang besar untuk kamu pinjami. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk kamu coba meminjam, namun pilihlah kerabat atau saudara yang memiliki modal cukup kuat.

Ketika pinjaman sudah kamu dapat, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai. Gunakan dana pinjaman sebaik-baiknya untuk mengelola bisnis agar dana pinjaman secepatnya bisa kamu kembalikan. Jika terlalu lama beresiko menimbulkan rasa kecewa bahkan perpecahan keluarga.

Supaya aman dan saling menjaga kepercayaan, buatlah perjanjian tertulis tentang kesepakatan proses pinjaman dan kebutuhan apa saja yang harus dilaksakan. Dengan cara ini, kamu nyaman dan aman, saudara dan kerabatmu juga tidak merasa dirugikan.


4. Fasilitas Pinjaman Online

Salah satu pinjaman online yang memberikan pinjaman tanpa bunga adalah kredivo. Pinjaman ini cukup populer dan sedang marak digunakan karena fasilitas pinjamannya yang sangat mudah. Untuk mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa bunga, kamu wajib melunasi pinjaman sebelum 30 hari. Limit untuk pinjaman online kredivo sangat kecil, hanya Rp 3 Juta. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar dan membuat akun di Kredivo.


5. Kartu Kredit

Kartu kredit memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga jika kamu dapat melunasi pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo. Jika melewati tanggal tersebut, kamu akan mendapat denda dan bunga. Sebelum menggunakan kartu kredit, pilihlah kartu kredit terbaik sesuai kebutuhanmu.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "5 Jenis Tempat dan Pemberi Pinjaman Tanpa Bunga untuk Modal Usaha Terbaru Tahun 2018"

Posting Komentar