6 Tips dan Trik Konsep Sukses Membangun Bisnis Cafe dengan Budget Minim yang Menjanjikan

Tips dan Trik Konsep Sukses Membangun Bisnis Cafe dengan Budget Minim

Tak hanya sekedar sebagai tempat makan, cafe juga menjadi salah satu tempat tongkrongan favorit kids zaman now untuk mengerjakan tugas, bermain game bahkan untuk kegiatan rapat. Hal itulah yang membuat bisnis cafe patut kamu jadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Meskipun menjanjikan, membangun bisnis cafe bukanlah hal yang mudah. Selain faktor budget yang sering menjadi batu penghalang, kamu juga harus memberikan konsep bisnis cafe yang bagus dengan makanan dan minuman bervariasi agar dapat menarik perhatian konsumen khususnya anak-anak remaja. Jika konsep bisnis cafe terlalu monoton, tentu semakin sulit untuk bersaing dengan kompetitor dan mendapatkan keuntungan. Lalu bagaimana cara membangun konsep bisnis cafe dengan budget yang minim?

Dilansir dari cermati.com, terdapat 6 tips dan trik konsep sukses membangun bisnis cafe dengan budget minim yang menjanjikan. Berikut ulasannya:

1. Menentukan Target Pasar

Sama halnya dengan usaha bisnis lainnya, sebelum membangun bisnis cafe sebaiknya tentukan terlebih dahulu target pasar yang ingin kamu tuju. Salah satu target pasar atau kalangan yang paling empuk menjadi sasaran bisnis kamu adalah mahasiswa. Hal ini cukup beralasan karena gaya hidup mahasiswa yang terbilang hedon.

Untuk menarik perhatian konsumen khususnya mahasiswa, kamu tidak perlu menyusun konsep cafe yang terlalu mewah dengan fasilitas “wah”. Cukup tampil dengan konsep minimalis dengan budget minim dibalut fasilitas yang kece seperti meja kayu, kursi kayu, harga makanan yang murah dan didukung koneksi Wi-Fi akan membuat konsumen khususnya mahasiswa semakin betah dan merekomendasikan cafe milikmu ke teman-temannya. 

2. Cari Lokasi yang Ramai

Lokasi merupakan salah satu hal yang wajib kamu tentukan sebelum membangun bisnis cafe. Untuk mendapatkan banyak konsumen dan keuntungan dengan mudah carilah lokasi yang strategis dan ramai. Tidak perlu sewa tempat di mall, cukup manfaatkan daerah pinggir jalan sebagai pilihan yang tepat untuk bisnis cafe. Selain menjadi tempat lalu-lalang kendaraan bermotor, harga sewanya juga lebih terjangkau. Namun faktor kenyamanan juga perlu kamu perhatikan agar konsumen semakin betah berlama-lama di sana.

3. Sajikan Makanan dan Minuman yang Pas di Lidah

Meskipun membangun cafe bisa dilakukan dengan budget minim ala kadarnya, pemilihan menu makanan dan minuman tidak boleh dianggap sepele. Cafe dengan cita rasa menu yang enak akan selalu menjadi incaran pelanggan untuk mau datang kembali di lain kesempatan. Sebaliknya, jika cita rasa menu terlalu monoton dan biasa, pelanggan enggan untuk kembali. Oleh karena itu, lakukan riset dan racik cita rasa menu sesuai keinginan konsumen meskipun masing-masing individu memiliki selera yang berbeda-beda.

4. Menyajikan Menu Baru Secara Berkala

Seperti penjelasan pada poin ke-3, cafe dengan cita rasa menu yang terlalu monoton membuat pelanggan bosan dan enggan untuk kembali. Untuk itulah kamu perlu melakukan inovasi dan menyajikan menu baru secara berkala agar pengunjung semakin penasaran dan ingin datang kembali. Buatlah spanduk-spanduk kecil di pinggir jalan atau media sosial sebagai tempat promosi untuk memperkenalkan menu-menu baru di cafe milikmu kepada pelanggan.

5. Beli Bahan Baku dari Grosir Terpercaya

Perlu diketahui, harga menu makanan yang kamu jual di cafe dipengaruhi oleh harga bahan baku. Semakin mahal bahan baku yang dibeli, semakin mahal juga harga setiap makanan yang kamu jual di cafe dan sebaliknya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan bahan baku yang lebih murah sebaiknya manfaatkan grosir terpercaya. Disamping jauh lebih mudah dari harga satuan, dengan memanfaatkan grosir, harga untuk makanan di cafe milikmu juga semakin terjangkau dan laris. Jadi tidak perlu khawatir bahan baku akan mengendap dan membusuk di gudang karena dipastikan ludes dalam waktu singkat. Namun, semua itu tergantung bagaimana cara kamu mengelola bisnis cafe ini.

6. Tambahkan Aksesoris Murah Meriah untuk Memperindah Cafe

Untuk memberikan nuansa cafe menjadi minimalis dan lucu, kamu bisa membeli beberapa aksesoris murah meriah dengan budget minim di toko atau pasar aksesoris. Tidak perlu beli banyak, cukup beli secukupnya saja untuk dipasang di spot-spot tertentu. Dengan cara itu, cafe kamu menjadi lebih ada daya tarik tersendiri dan memancing minat pengunjung khususnya mahasiswa untuk datang dan berlama-lama di cafe kamu. Namun, sebaiknya pilih aksesoris yang sesuai dengan ciri khas cafe seperti logo vespa untuk cafe bernuansa otomotif dan lain sebagainya.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "6 Tips dan Trik Konsep Sukses Membangun Bisnis Cafe dengan Budget Minim yang Menjanjikan"

Posting Komentar