6 Tips dan Trik Optimalkan Online Business Menggunakan Social Media Marketing 2018

6 Tips dan Trik Optimalkan Online Business Menggunakan Social Media Marketing 2018

Media sosial merupakan langkah praktis yang dapat digunakan untuk melipatgandakan penjualan dalam sebuah bisnis. Dari kaca mata bisnis, pangsa pasar potensial tersebut terlihat dari data angka pengguna media sosial yang tembus hingga 2 miliar lebih di seluruh dunia seperti facebook, instagram, dan twiter.

Meskipun praktis, penggunaan media sosial tidaklah mudah khususnya untuk mengoptimalkan online business. Lalu bagaimana caranya? Dilansir dari Danaxtra.com terdapat 6 tips dan trik optimalkan online business menggunakan social media marketing 2018. Bagi kamu yang baru memulai online business di media sosial simak secara lengkap ulasannya berikut ini.

1. Tetapkan Tujuan Bisnis dan Sesuaikan Kontennya

Sebelum memulai online business di media sosial, sebaiknya tetapkan terlebih dahulu tujuan dan konten yang diinginkan. Maksudnya, kamu harus memilih salah satu media sosial yang memiliki karakteristik sesuai dengan tujuan bisnis dan konten yang kamu buat seperti twitter, instagram, facebook, LinkedIn, Google+ dan youtube untuk memasarkan produk.

2. Pahami “Follower Insight” dalam Bisnis di Media Sosial

Mengetahui target follower yang dituju dari sebuah produk merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan dalam menggunakan social media marketing. Perkembangan online business di media sosial paling banyak dipengaruhi oleh follower. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik-baiknya media sosial untuk mendapatkan follower dan bersosialisasi dengan mereka atau pengguna lain agar tertarik membeli produk yang kamu jual. Berikut ini daftar 5 hal yang harus kamu ketahui:
  • Mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak disukai.
  • Mengetahui apa saja yang sebaiknya diunggah di media sosial.
  • Mengetahui kapan mereka membuka media sosial.
  • Mengetahui siapa saja teman-temanna dan lain sebagainya.
  • Mengetahui kapan waktunya melakukan penjualan (iklan) secara soft sell dan hard sell.

3. Gambar Resolusi Tinggi

Salah satu cara termudah untuk membuat halaman media sosial kamu semakin terlihat menonjol dan profesional yaitu dengan memberikan konten gambar resolusi tinggi. Selain tajam dan tidak blur, gambar resolusi tinggi juga meningkatkan perhatian pengunjung terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, gambar resolusi tinggi menjadi pilihan terbaik untuk mengoptimalkan online business di media sosial. Namun, bagi yang memiliki website sendiri perlu memerhatikan besar ukuran file gambar agar tidak memengaruhi kecepatan akses saat konten dimuat.

4. Gunakan Hastags (#)

Hashtag sangat berguna untuk mengkategorikan dan meningkatkan visibilitas konten yang kamu buat seperti video, artikel maupun foto promosi. Selain itu, penggunaan tren farse ini juga membantu follower atau orang lain mengetahui inti dan tujuan dari konten promosi. Bagaimana cara menggunakannya?

Kamu cukup menyisipkan hashtag dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption ) untuk beberapa media sosial seperti instagram, facebook dan twitter. Contoh umumnya seperti #sepatu #celana #baju dan lain lain, namun kamu juga dapat menciptakan hashtag sendiri yang menjadi ciri khas dari produk yang dipasarkan. Mudah bukan? Nah, maka dari itu mulai dari sekarang gunakan hashtag khusus ini untuk memperkuat brand dari online business yang kamu rintis di media sosial.


5. Konsistensi

Seperti penjelasan pada poin ke-2, follower menjadi faktor utama yang memengaruhi perkembangan online business kamu di media sosial. Agar tidak ditinggalkan follower atau konsumen, konsistensi perlu kamu terapkan seperti update halaman media sosial secara berkala, membalas pesan, dan lain sebagainya.

Meskipun mudah untuk dilakukan, namun faktanya banyak pelaku bisnis yang melupakan hal ini. Mungkin bisa karena faktor lupa atau tidak ada ide konten untuk diposting. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah, kamu cukup memposting momen atau event sehari-hari saja seperti pelanggan yang datang ke toko, testimoni, promosi dan lain sebagainya. Bahkan kamu bisa menambahkan konten intermezzo ( tidak berhubungan dengan bisnis ) seperti quotepopular untuk meningkatkan visibilitas profil instagram bisnis kamu, intinya jangan pasif dan tetap konsisten.


6. Tanggapi Semua Respons

Terakhir dan paling penting, tanggapi semua respon dengan bijak dan sopan baik komplain bersifat positif maupun negatif dari konsumen. Kamu bisa menunjukkan kelebihan-kelebihan online business kamu dibanding dengan kompetitor lain. Dengan cara itu, kemungkinan besar konsumen akan melakukan repeat order.

Untuk mencegah respons yang negatif, sepatutnya untuk memberikan penawaran-penawaran yang membuat follower kamu lebih tertarik seperti diskon atau bahkan gratis. Namun jangan lupa untuk memberikan persyaratan khusus seperti harus berlangganan dan membagikan foto produk dengan hastag. Strategi ini akan menghasilkan pemasaran gratis untuk online business kamu.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "6 Tips dan Trik Optimalkan Online Business Menggunakan Social Media Marketing 2018"

Posting Komentar