7 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Affiliate Marketing Terbaru 2018

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Affiliate Marketing
Bisnis online memiliki berbagai model bisnis yang berbeda untuk menghasilkan uang atau komisi secara online. Salah satu model bisnis online penjualan yang berbasis komisi tanpa modal adalah Affiliate Marketing. Selain dapat kamu kerjakan dirumah, affiliate marketing juga memberikan kamu penghasilan pasif jika kamu sering mengontrolnya setiap hari.

Affiliate Marketing sebenarnya mirip sales “door to door” di dunia offline bedanya kamu tidak perlu capek kepanasan karena bisa dilakukan di rumah dengan komputer bahkan smartphone. Cara kerjanya cukup menawarkan produk kepada orang lain via media sosial, jika ada yang tertarik dan berhasil terjual kamu mendapatkan uang atau komisi.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing?

Pada dasarnya bisnis affiliate marketing dapat dijalankan dengan 2 cara yaitu publisher dan advertiser. Publisher artinya kamu mendaftar mengikuti program affiliate dari bisnis orang lain, sedangkan advertiser adalah orang yang menawarkan program affiliate. Dengan sistem affiliate marketing ini, advertiser atau pemilik produk akan menangani pemesanan secara langsung. Jika produk tersebut sudah terjual, kamu mendapatkan komisi sesuai kesepakatan. Berikut ulasan selengkapnya:


1. Pahami Aturan Affiliate Marketing

Perusahaan yang menawarkan program affiliate memiliki banyak aturan yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu harus benar-benar patuh agar kerjasama bisa terjalin dengan baik misalnya seperti tidak membolehkan share link di media sosial, hanya membolehkan beberapa website tertentu dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu juga melakukan riset untuk memilih advertiser karena komisi setiap advertiser juga berbeda-beda tergantung dari perusahaan masing-masing. Tidak hanya itu saja, beberapa advertiser ada yang memberikan opsi untuk investasi uang kurang dari Rp. 100.000,-, atau tanpa uang sama sekali. Namun, kamu juga harus waspada dan menghindari program affiliate abal-abal atau tidak membayar ( scam ).

2. Daftar Affiliate Marketing

Jika sudah mengetahui hal-hal dasar mengenai affiliate marketing, selanjutnya kamu bisa mendaftar sebagai afiliasi dari sebuah vendor produk (merchant) untuk mendapatkan ID Afiliasi. Merchant biasanya bisa berbentuk suatu individu maupun suatu perusahaan seperti Ratakan.com, Amazon.com, Clickbank.com, Lazada.co.id, jvzoo.com dan lain sebagainya.

3. Buat Website Afiliasi

Setelah mendapatkan link afiliasi yang berisi link URL alamat website milik vendor produk (merchant), buatlah sebuah website khusus untuk mempromosikan produk sekaligus lapak untuk kamu berdagang via online. Untuk pembuatan website bisa menggunakan platform gratisan seperti blogger maupun yang berbayar menggunakan domain dan hosting sendiri (self-hosted).

Jika website afiliasi sudah jadi, link afiliasi sudah bisa kamu integrasikan atau sudah bisa dipasang di website afiliasi dan sudah siap untuk dipromosikan. Namun, bagi yang tidak bisa membuat dan mendesain website afiliasi, kamu bisa menyewa jasa pembuatan website profesional agar lebih cepat, mudah dan tidak ribet.


4. Buat Konten Unik dan Menarik

Untuk mengenalkan merek brand (branding) agar lebih cepat diterima oleh masyarakat yaitu dengan membuat konten yang unik dan menarik. Tulislah konten artikel maupun ulasan mengenai produk afiliasi yang kamu jual dengan bahasa yang bagus dan disertai dengan gambar menarik sesuai dengan produk. Semakin bagus konten yang kamu buat, semakin banyak juga audience atau pengunjung yang melihat dan ingin membeli produkmu. Jangan lupa, masukkan link afiliasi produkmu ke dalam artikel.

5. Promosi

Manfaatkan semua platform baik offline maupun online untuk media promosi produk yang kamu jual via website afiliasi. Semakin banyak platform media yang kamu gunakan, semakin banyak juga audience yang melihat produkmu dan tertarik ingin membeli. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produkmu jika kamu terlalu sibuk dan belum sempat mempromosikan produk afiliasi setiap hari.

6. Komisi

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, beberapa perusahaan menawarkan komisi program affiliate yang berbeda-beda. Untuk mengetahui program affiliate mana yang paling menguntungkan kamu bisa melakukan sebuah riset. Selain itu kamu juga harus lebih teliti untuk memilih program affiliate karena bisa saja tidak membayar atau scam. Komisi tersebut bisa di dapatkan dari jenis program affiliasi seperti Pay Per Click (PPC), Pay Per Review (PPR), Recurring Affiliate program (AFR), Pay Per Sale (PPS), dan Pay Per Lead (PPL).

7. Kontrol secara Berkala

Tetap lakukan pengecekan (kontrol) situs secara berkala agar penghasilan pasif tetap berjalan, meningkat dan terjaga.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "7 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Affiliate Marketing Terbaru 2018"

Posting Komentar