4 Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi yang Punya Reputasi Baik dan Terpercaya Tahun 2018

Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel, Punya Reputasi Baik dan Terpercaya

Semakin banyak jenis-jenis perusahaan asuransi yang beredar di Indonesia membuat masyarakat lebih tertarik untuk investasi kesehatan untuk usia lanjut. Meskipun terkenal dengan pelayanan yang sangat bermanfaat, tak jarang beberapa perusahaan asuransi memberikan pelayanan yang buruk terhadap konsumen demi meraih keuntungan. Salah satu contoh kasus yang saat ini terjadi ketika seorang petinggi perusahaan asuransi di Indonesia menjadi tersangka karena terbukti tidak memberikan klaim asuransi kepada nasabahnya.

Pada umumnya, klaim kerugian merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan asuransi maupun nasabah. Mengapa begitu? Nasabah memiliki kepentingan untuk mengalihkan kerugian yang diderita ke perusahaan asuransi. Sebaliknya perusahaan asuransi memiliki kepentingan untuk memberikan klaim tersebut benar adanya, bukan klaim aspal.

Dilansir dari HaloMoney.co.id, terdapat 4 kriteria memilih perusahaan asuransi yang kredibel, punya reputasi baik dan terpercaya tahun 2018. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Usia Perusahaan

Sebelum memilih perusahaan asuransi mana yang kamu pilih, pastikan terlebih dahulu usia perusahaan tersebut. Logikanya, perusahaan asuransi yang baru berdiri tentu tidak lebih baik dari perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak puluhan tahun. Namun persepsi tersebut bisa saja salah karena ada juga perusahaan asuransi baru yang sudah profesional.

Mengapa usia perusahaan sangat penting? Salah satu alasan kuat usia perusahaan menjadi sangat penting adalah kredibilitas dan kepercayaan. Semakin lama perusahaan asuransi tersebut berdiri dan beroperasi, tentunya hasil kerjanya sudah terbukti dan sudah dirasakan oleh nasabahnya. Tapi bukan berarti perusahaan yang telah lama berdiri merupakan perusahaan yang baik dan sehat. Oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu dan pilih secara bijak perusahaan asuransi mana yang akan kamu pakai.

2. Punya Reputasi Baik

Masih berhubungan dengan poin pertama, perusahaan asuransi yang sudah alam berdiri pastinya sudah memiliki reputasi dari nasabahnya baik itu reputasi buruk maupun baik. Sedangkan untuk perusahaan asuransi yang baru berdiri masih belum banyak nasabah yang memberikan reputasi.

Perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan kredibel merupakan idaman bagi semua orang yang ingin menitipkan risiko hidupnya. Meskipun begitu, faktanya beberapa nasabah banyak yang salah memilih, akibatnya uang yang mereka investasikan disalahgunakan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir dan mencegah hal buruk terjadi mengingat jumlah investasi yang begitu besar ada baiknya cari tahu reputasi perusahaan tersebut melalui teman atau bisa menggunakan mesin pencarian google via internet. Telusuri jejak digital perusahaan dalam mengelola polis asuransi hingga membayar klaim nasabah. Jika baik pilihlah, namun jika banyak kekecewaan dan komplain, sebaiknya coret dari daftae pilihan kamu dan hindari perusahaan tersebut.

3. Premi Murah Tapi Tidak Murahan

Jangan mudah terpancing dengan perusahaan asuransi yang menawarkan premi murah khususnya bagi perusahaan asuransi yang masih baru. Jika kamu tertarik, pastikan kamu sudah mengetahui segala risiko yang harus kamu terima nantinya.

Hal yang paling penting dari layanan premi adalah manfaatnya yang cukup lengkap namun ekonomis, bagus bukan berarti harus mahal. Oleh karena itu jangan malas untuk membandingkan beberapa produk yang sepadan dari perusahaan asuransi agar memperoleh produk yang bagus dengan harga yang terjangkau dan tentunya terhindar dari beberapa risiko yang merugikan.

4. Perhatikan Kriteria Khusus Perusahaan Asuransi

Untuk menentukan kriteria khusus perusahaan asuransi yang berkinerja baik atau buruk ada beberapa yang harus kamu perhatikan. Kriteria tersebut meliputi Rasio Likuiditas, besarnya dana jaminan, cadangan teknis plus utang klaim, rasio beban klaim, dan Risk Based Capital (RBC). Pelajari dan kenali masing-masing kriteria tersebut. Jika kriteria tersebut terpenuhi, perusahaan asuransi tersebut layak kamu pilih. Jadi kamu memilih perusahaan asuransi yang mana?

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "4 Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi yang Punya Reputasi Baik dan Terpercaya Tahun 2018"

Posting Komentar