9 Tips dan Trik Cara Menghasilkan Uang ( Earning ) dari Bisnis Blog Melalui Profesi Blogger

Cara Menghasilkan Uang ( Earning ) dari Bisnis Blog

Blog merupakan sarana dan media internet yang mengandung banyak informasi bermanfaat di dalamnya melalui konten tulisan dan gambar. Halaman-halaman blog tersebut dibuat oleh seorang blogger dan sering kali kita temukan melalui mesin telusur google atau media sosial.

Tidak hanya sekedar berbagi informasi, faktanya blogger saat ini memiliki pekerjaan lain atau beberapa tujuan lain selain menulis di blog miliknya. Salah satu tujuan yang mereka lakukan adalah mendapatkan uang (earning) dari blog. Penghasilan tersebut didapat melalui berbagai sumber seperti review atau mengulas produk dan merek tertentu di blog dan hadir di acara tertentu dan membagikan cerita tentang aktivitas mereka.

Dilansir dari DuitPintar.com, terdapat 9 tips dan trik cara menghasilkan uang (earning) dari bisnis blog melalui profesi blogger. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Jadi Publisher Iklan

Salah satu layanan yang sangat cocok digunakan oleh publisher iklan adalah Google Adsense. Cara kerjanya cukup mudah, kamu hanya memasang iklan yang disediakan google adsense di laman blog atau web dan menerima fee (uang) dari setiap klik dan view yang diperoleh. Semakin banyak viewer dan klik setiap harinya, otomatis semakin banyak pundi-pundi yang kamu terima. Namun, untuk menjadi publisher iklan google adsense ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Tidak hanya itu, risiko banned (putus mitra/kerjasama) juga menanti jika kamu melanggar ketentuan seperti klik iklan sendiri dan sebagainya. 

2. Mengulas Produk Tertentu ( Review )

Review atau mengulas produk tertentu menjadi salah satu sumber yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang (earning) di blog. Jika konten blog kamu menarik dan sering dikunjungi banyak orang, biasanya banyak pemilik merek produk yang sering mengirimkan produk untuk diulas agar bisa dilihat oleh pengujung blog dan bisa dijangkau melalui media telusur google. Untuk tarif review bisa kamu tentukan sendiri, bahkan mungkin ada penawaran yang menarik di merek atau brand tersebut. Selain dianggap lebih soft-selling, review produk lebih natural dan efektif ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi Brand Ambassador

Blog yang ramai dengan konten bermanfaat membuat citra blogger semakin bagus dan terkenal bagi pembaca setianya. Bahkan, semua ulasan merk yang dimuat di blog memiliki pengaruh besar bagi pembacanya untuk memakai merek tersebut. Oleh karena itu, banyak pemilik brand tertarik menjadikan blogger sebagai brand ambassador mereka.

4. Content Placement

Sama halnya dengan review/ulasan di blog, bedanya kamu cukup menempatkan artikel saja dan tidak perlu menulis karena konten artikel sudah disediakan pihak pengiklan. Meskipun tarifnya lebih sedikit dibandingkan review, namun sangat menggiurkan jika kamu memiliki banyak blog.


5. Diundang ke Acara Launching Produk 

Tidak hanya sebatas kerjasama via online, kamu juga berpeluang diundang ke acara launching produk brand/produk tersebut. Selain menjadi orang pertama yang merasakan produk, tak jarang blogger mendapatkan fee atau bayaran. Seru bukan?

6. Koordinator untuk Acara Blogger

Masih berhubungan dengan poin ke-5, ketika kamu diundang di acara launching produk, biasanya pihak brand menunjuk kalangan blogger sebagai kordinator yang mengurus segala hal terkait event dan acara yang behubungan dengan blog. Jika kamu beruntung dan terpilih menjadi pengurus tentunya sangat menggiurkan karena biasanya dibayar cukup tinggi.

7.  Diundang Jadi Pembicara atau Narasumber

Jika kamu sudah berpengalaman dan memiliki banyak koneksi dengan banyak orang termasuk perusahaan atau instansi, tentunya semakin banyak tawaran untuk menjadi pembiacara atau narasumber. Tidak hanya mendapat bayaran yang cukup mahal, kamu juga menjadi lebih dikenal banyak orang dan khalayak umum.

8. Dapat Tawaran Menulis di Tempat Lain

Selain bisa mendapatkan uang (earning) dari blog sendiri, kamu juga bisa merangkap menjadi content writer atau penulis artikel. Banyak pihak perusahaan yang mencari penulis-penulis blog untuk mengisi konten artikel untuk situs web mereka. Untuk tarif bisa kamu tentukan sendiri atau bisa mengikuti penawaran kerjasama apabila lebih menguntungkan.


9. Mengikuti Kompetisi Blogger

Meskipun banyak pesaing yang lebih profesional, tidak ada salahnya mengikuti kompetisi blogger. Meskipun tidak menang, setidaknya bisa menambah pengalaman dan mengukur kemampuan kamu menulis konten. Sebaliknya, jika kamu beruntung dan mendapatkan juara biasanya mendapatkan hadiah mulai dari laptop hingga sepeda motor.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "9 Tips dan Trik Cara Menghasilkan Uang ( Earning ) dari Bisnis Blog Melalui Profesi Blogger"

Posting Komentar