Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil? Simak 6 Tips ini!

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil? Simak 6 Tips ini!

Membangun sebuah kerajaan bisnis yang berkembang, membangun cabang di banyak tempat  dan memiliki prospek tinggi yang bisa dimaksimalkan dimulai dari hal terkecil salah satunya bisnis waralaba dengan modal yang kecil. Tidak perlu takut untuk bermimpi karena tidak ada yang melarang hal tersebut, yang paling penting adalah berani untuk memulai dan terus belajar memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

Dengan modal yang kecil apakah menguntungkan? Jawabannya tentu saja iya dan tidak tergantung bagaimana kamu memulai dan belajar. Meskipun modal kecil disematkan, bukan berarti keuntungan yang kamu dapat juga kecil. Hal terpenting dalam melakukan bisnis waralaba adalah melayani konsumen dengan sebaik-baiknya agar mau membeli produk yang kita jual dan berlangganan di kemudian hari. Oleh karena itu, ubah mindset kamu dari sekarang dan buatlah usaha bisnis waralaba yang kamu jalani semakin menarik.

Selain dapat menjadi keuntungan bagi kamu sendiri, bisnis waralaba ini juga bisa ditawarkan ke para pembeli atau konsumen. Namun untuk pemula dalam bisnis ini, sebaiknya fokus terlebih dahulu dengan kepentingan kamu sendiri dan berpikir bagaimana memuaskan konsumen. Lalu bagaimana cara memulai bisnis waralaba dengan modal kecil? Dilansir dari franchise-expo.co.id, terdapat 6 tips memulai bisnis waralaba dengan modal kecil sebagai berikut.

1. Siapkan Sistem dengan Sesempurna Mungkin

Sebelum memulai bisnis waralaba dengan modal kecil maupun besar, sebaiknya siapkan terlebih dahulu sistem yang sesempurna mungkin agar tidak bubar jalan karena cacatnya sistem dan para pelaku di lapangan yang kurang optimal. Kerap kali bisnis waralaba bubar ditengah jalan karena kurangnya sistem dan perencaaan, oleh karena mulailah membuat sistem yang baik untuk memasarkan program waralaba dan lakukan pengecekan sistem secara berkala. Bahkan kalau bisa lakukan konsultasi berlapis dengan ahli profesional. Meskipun memakan banyak biaya, namun hasilnya akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang jika masalah sistem dan hukum teratasi.

2. Lakukan promosi gencar

Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, aktivitas promosi wajib dilakukan secara gencar agar masyarakat mengetahui keberadaan bisnis waralaba modal kecil yang kamu miliki. Manfaatkan keberadaan situs dan website waralaba untuk memasukkan directory waralaba yang kamu miliki. Lakukan promosi terus-menerus, kalau mau cobalah membangun sebuah website professional dan koneksi sosial media atau iklankan dengan facebook ads agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

3. Buat proposal realistis

Proposal merupakan hal paling penting yang harus diperhatikan jika ingin usaha bisnis waralaba yang kamu miliki berkembang dan sukses. Oleh karena itu jangan buat proposal asal-asalan, cobalah untuk membuat proposal yang lebih realistis berdasarkan hasil riset untuk jangka panjang. Jangan lupa untuk menekan modal sekecil mungkin bukan sekedar slogan agar banyak masyarakat yang tertarik bekerjasama.

4. Sertakan informasi lengkap

Informasi yang lengkap menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kepuasaan para pemilik modal dan pelaku usaha sehingga tertarik dengan bisnis waralaba yang kamu tawarkan. Sertakan gambaran produk detil, gambaran sistem kerjasama, status hukum, proposal ringkas, serta hak dan kewajiban dua pihak dan berbagai disclaimer lain. Jika informasi kurang lengkap beresiko muncul pertanyaan-pertanyaan di kemudian hari yang mungkin bisa menganggu kerjasama diantara 2 pihak. Jika memungkinkan, tambahkan juga data franchise agar terlihat lebih profesional.

5. Siapkan kantor offline

Kantor merupakan bukti kesungguhan kamu dalam melakukan sebuah usaha waralaba dan bersifat mutlak. Meskipun hanya modal kecil dengan investasi super murah dibawah 5 juta, tidak ada salahnya untuk membuka kantor offline agar lebih profesional dan mendukung setiap aktivitas bisnis waralaba yang kamu geluti dalam satu sistem yang dikelola khusus oleh tim.

6. Perhatikan produk Anda

Terakhir, perhatikan produk yang kamu jual. Meskipun kamu memulai bisnis waralaba dengan modal yang kecil, aspek produk tidak boleh terabaikan. Menjaga kontinuitas kualitas setiap harinya, mencegah kekurangan stok, produk menurun kualitasnya dan sebagainya sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga prinsip dari produk dalam sistem waralaba. Tidak hanya itu, pemelihan franchise juga harus dipertimbangkan dari segi jarak dan memastikan produk sampai ke tangan mereka dengan kualitas produk yang tetap terjaga.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil? Simak 6 Tips ini!"

Posting Komentar