5 Tips dan Strategi Cara Membuat Karyawan Senang Bekerja Tanpa Harus Menaikkan Upah Kerja (Gaji)

Tips dan Strategi Cara Membuat Karyawan Senang Bekerja Tanpa Harus Menaikkan Upah Kerja

Gaji atau upah kerja yang diperoleh menjadi salah satu dari sekian banyak topik yang diperdebatkan dalam dunia pekerjaan maupun karier. Bagi kamu yang memiliki sekaligus pemimpin bisnis dan perusahaan pastinya memiliki pandangan tersendiri dalam memberi upah karyawan. Bahkan mungkin terdapat beberapa faktor dan pertimbangan dalam menggaji karyawan.

Lalu bagaimana dengan saya yang masih baru mendirikan perusahaan? Apa saja pertimbangan dan faktor yang harus dilakukan dalam menggaji karyawan? Dilansir dari Entrepreneur, terdapat 5 tips dan strategi cara membuat karyawan senang bekerja tanpa harus menaikkan upah kerja (gaji). Berikut ulasanya yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

1. Ciptakan Koneksi Sehat

Berdasarkan data yang dihimpun pada tahun 2014 oleh TINYpulse poll menyebutkan, kultur perusahaan dan lingkungan merupakan salah hal yang menciptakan kenyamanan dalam bekerja selain uang. Oleh karena itu, bagi pemimpin perusahaan sebaiknya bisa melihat hal tersebut karena uang bukan satu-satunya yang menciptakan kenyamanan dalam bekerja.

Dengan keterikatan dan koneksi yang terbangun antar karyawan, kontribusi mereka untuk perusahaan kamu juga semakin besar. Sebaiknya lakukan sesi tertentu yang melibatkan pekerja dan karyawan untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai perusahaan yang kamu pimpin.

2. Bangun Suasana Mentorship

Berdasarkan beberapa riset yang telah dilakukan menyebutkan, 65% pekerja dan karyawan lebih menginginkan feedback atau tanggapan yang positif dibandingkan penilaian yang buruk dan selalu menjatuhkan mereka. Hal tersebut membuktikan jika kebiasaan memberikan tanggapan dan masukan akan membangun suasana mentorship, komunikasi atau kultur kerja yang baik. Dengan kultur yang terbiasan memberikan feedback positif, karyawan dan pekerja akan lebih berkontribusi dan memberikan yang terbaik ketika bekerja.

3. Jangan Terlalu Detil

Menjadi pemimpin perusahaan bukanlah hal yang mudah, bahkan lebih sulit dibandingkan tugas para karyawannya. Banyak beberapa masalah kompleks yang harus diselesaikan oleh seorang pemimpin perusahaan salah satunya memberikan arahan kepada karyawannya agar perusahaan bisa berjalan lancar. Tidak hanya itu, kamu harus menjadi pemimpin yang dibutuhkan karyawan saat bekerja kapanpun dan dimanapun.

Memberikan arahan secara detil memang tidak ada salahnya dan merupakan hal yang baik yang harus dilakukan pemimpin, namun jangan sampai berlebihan dan menjadi orang yang terlalu detil dengan memberikan semua arahan pada karyawan. Hal ini akan membuat karyawan cenderung malas dan tidak percaya untuk berbuat lebih. Oleh karena itu, berikan ruang untuk karyawan dan pekerja untuk berpikir sejenak dan izinkan mereka untuk bertindak sesuai kebutuhan tersebut. Berikan arahan yang benar-benar memberikan edukasi dan berguna bagi kinerja mereka. 

4. Saling Mendorong

Ciptakan lingkungan kerja dengan pemimpin dan karyawan dapat saling mendorong satu sama lain. Meskipun tidak semua karyawan dan pekerja dapat dengan mudah berteman, namun tetap berusalah untuk menciptakan lingkungan tersebut. Kamu juga dapat menciptakan sistem yang lebih tepat pada tiap individu jika mengetahui seseorang dengan lebih baik.

5. Berikan Pujian

Sama halnya dengan poin kedua, feedback atau tanggapan positif dan pujian pada karyawan akan sangat membantu dalam keterikatan positif bagi pemimpin dan karyawannya. Kebiasaan tersebut membuat karyawan dan pekerja semakin semangat dalam bekerja dan memberikan usaha yang maksimal untuk kesuksesan perusahaan. Ketika karyawan semakin semangat dalam bekerja, sistem perusahaan semakin lancar dan semakin maju. Dampak lain dari suasana kerja yang menyenangkan adalah karyawan tidak berkeinginan untuk menaikkan gajinya bahkan mungkin kita sebagai pemimpin perusahaan memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi berupa kenaikan gaji.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "5 Tips dan Strategi Cara Membuat Karyawan Senang Bekerja Tanpa Harus Menaikkan Upah Kerja (Gaji)"

Posting Komentar