5 Tips, Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis MLM (Multi Level Marketing) untuk Pemula Terbaru Tahun 2018

5 Tips, Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis MLM (Multi Level Marketing) untuk Pemula Terbaru Tahun 2018

Selain memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan, MLM (Multi Level Marketing) merupakan bisnis jaringan yang bisa dilakukan dimanapun dan sangat digandrungi oleh sebagian orang. Meskipun begitu, sebagian orang lainnya men salah-artikan bisnis model ini karena faktor ketakutan tidak memiliki jaringan yang berakibat pada kegagalan, tingkat keberhasilan kecil, penutupan poin dan lain sebagainya. Bahkan, banyak oknum perusahaan (abal-abal) yang menggunakan sistem ini untuk menipu yang pada akhirnya citra bisnis MLM semakin buruk di mata masyarakat.

Nah, maka dari itu pahami terlebih dahulu sistem bisnis MLM yang sebenarnya agar tidak terhasut dengan kabar yang beredar saat ini. Kegagalan merupakan hal yang wajar terjadi di bisnis model apapun, jika kamu serius memulai dan membangunnya kemungkinan sukses sudah pasti di depan mata. Dilansir dari laman thebalance.com, terdapat 5 tips, trik, dan strategi sukses memulai bisnis MLM (Multi Level Marketing) untuk Pemula Terbaru Tahun 2018.

1. Pelajari MLM dan Cari Perusahaan dengan Produk yang Kamu Minati

Sebelum memulai bisnis MLM, sebaiknya bekali diri dengan pengetahuan atau pelajari terlebih dahulu industri MLM yang akan kamu ikuti dan pastikan jika bisnis dan produk tersebut cocok untuk kamu. Hal ini dilakukan agar tetap aman dari skema piramida dan penipuan yang berkedok MLM. Jika ada tidak yakin dan ada hal yang janggal sebaiknya jangan paksa untuk tetap berada di MLM tersebut. Untuk memilih perusahaan MLM, pastikan pilih produk yang kamu suka, rekan yang baik dan kompensasi yang diberikan sangat menguntungkan untuk kamu.

2. Bebas Penipuan dan Tidak Melibatkan Teman Maupun Keluarga

Penipuan menjadi salah satu alasan penjualan MLM mendapat cap buruk bagi sebagian masyarakat, padahal faktanya beberapa orang yang menjalankan bisnis MLM tidak melakukan hal buruk apalagi melakukan penipuan. Oknum perusahaan abal-abal sering melakukan proses perekrutan anggota baru yang terlalu berlebihan dalam memberikan penjelasan dan sering memberikan penjelasan tidak sesuai fakta (penipuan) sedangkan perusahaan yang kredibel selalu mendorong anggotanya untuk jujur dan memberikan penjelasan sesuai fakta. Kejujuran merupakan kunci utama jika kamu ingin meraih kesuksesan. Perlu diingat juga, ketika memulai bisnis ini jangan terlalu memaksa teman dan keluarga untuk bergabung jika mereka enggan mengikuti bisnis ini. Pelaku MLM sukses biasanya memiliki sedikit teman dan keluarga karena beberapa orang datang dengan sendirinya ketika melihat keberhasilan MLM ini.

3. Identifikasi Target Pasar dan Promosikan Produk Setiap Hari

Seperti bisnis pada umumnya, target pasar merupakan salah satu hal yang penting untuk ditentukan sebelum memulai bisnis MLM. Identifikasi target pasar dapat membantu efisiensi dalam pemasaran dan penjualan sehingga peluang kesuksesan lebih besar. Contohnya, jika kamu menjual produk kesehatan usahakan target pasar yang kamu tuju adalah orang yang mempedulikan kesehatan jangan sebaliknya.

Maka dari itu, ketika memulai bisnis MLM jangan melihat semua orang termasuk teman dan keluarga, identifikasi target pasar yang potensial dahulu untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak hanya itu, langkah berikutnya setelah menentukan target pasar adalah promosi. Untuk mengenalkan produk dan menjual produk bisa dilakukan dengan beberapa cara baik online maupun offline. Lakukan promosi secara rutin setiap hari agar audience tertarik untuk membeli dan ajak pembeli yang sudah membeli produk untuk membantu mempromosikan via online maupun offline. Jika pembeli tersebut memiliki kinerja yang bagus dalam promosi produk, kamu bisa memberikan tawaran sebagai anggota.

4. Saran, Keluhan, Kritik, dan Solusi

Untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan, kamu bisa membeli tools atau script di beberapa perusahaan yang dapat menjelaskan tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen seperti penjualan, solusi maupun kebutuhan pelanggan. Dengarkan keluhan pelanggan dan berikan solusi terbaik agar pelanggan tidak kecewa dan tetap berlangganan. 

5. Punya Ciri Khas dan Tersistem

Memberikan prospek baru yang memiliki ciri khas berbeda dengan MLM lainnya merupakan salah satu tantangan yang harus kamu hadapi ketika memulai bisnis MLM. Seperti penjelasan sebelumnya, jangan pernah sekalipun melakukan penipuan jika kamu ingin sukses dengan bisnis MLM. Yakinkan dengan fakta yang ada kepada pelanggan dan orang-orang yang ingin bergabung dengan bisnis MLM yang kamu jalankan. Lakukan sesuatu yang berbeda dibandingkan bisnis MLM lainnya yang menjadi alasan orang untuk lebih memilih bisnis kamu daripada bisnis MLM lainnya. Contohnya, jual produk yang minim pesaing dan jarang dijual namun sangat penting dan menjadi kebutuhan. Jika menjual produk yang sama seperti ribuan orang lain, tentunya sangat sulit untuk bersaing karena konsumen memiliki banyak pilihan.

Terakhir, lakukan promosi secara tersistem. Misalnya jika pelanggan atau seseorang tidak ingin membeli dan bergabung hari ini, bisa kamu tawarkan beberapa minggu dan bulan kemudian. Namun perlu diingat, jangan menyusahkan dan menganggu orang ketika melakukan promosi. Bagaimana ingin mencoba? Jangan takut untuk berbisnis dan sukses selalu!

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "5 Tips, Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis MLM (Multi Level Marketing) untuk Pemula Terbaru Tahun 2018"

Posting Komentar