7 Poin Penting yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Rumah (airbnb) Terbaru Tahun 2018

7 Poin Penting yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Rumah (airbnb) Terbaru Tahun 2018

Salah satu bisnis yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini adalah bisnis sewa rumah atau yang lebih dikenal bisnis airbnb. Sebenarnya sama saja dengan penginapan biasa, bisnis airbnb menyewakan kamar atau penginapan untuk para wisatawan bedanya bisnis ini dapat dijalankan secara online. Meskipun begitu, sebagian besar masyarakat belum paham dan belum tahu tentang bisnis. Buat kamu yang belum tahu atau ingin memahami lebih detail mengenai bisnis sewa rumah dibawah ini.

Berdasarkan data dari Swara Tunaiku, semakin banyaknya tempat wisata di pelosok daerah saat ini berbanding lurus dengan semakin tingginya jumlah wisatawan di Indonesia. Hal itulah yang membuat bisnis sewa rumah atau airbnb memiliki prospek yang menjanjikan. Perkembangan teknologi yang semakin berkembang juga menjadi salah satu faktor yang mendorong bisnis airbnb mulai menjamur di Indonesia meskipun belum bisa dikatakan besar. Penggunaan teknologi memudahkan wisatawan dalam memesan penginapan di berbagai tempat.

Bagaimana tertarik mencoba bisnis ini? Eitss tunggu dulu, sebelum memulai bisnis sewa rumah atau airbnb pahami poin-poin penting yang harus kamu persiapakan. Dilansir dari Liputan6.com, terdapat 7 poin penting yang harus kamu persiapkan sebelum memulai bisnis sewa rumah terbaru tahun 2018. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang mungkin bermanfaat untuk anda.

1. Renovasi dan Dekorasi

Sebelum memulai bisnis sewa rumah atau airbnb pastikan renovasi dan dekorasi sudah dilakukan. Lebih baik lagi jika kamar maupun rumah memiliki dekorasi yang unik dan khas sesuai dengan daerah tempat wisatanya. Hal ini dilakukan karena biasanya wisatawan mempertimbangkan kondisi rumah maupun kamar sebelum menyewa. Jika rumah dan kamar bersih rapi dan memiliki dekorasi cantik tentunya berpeluang besar wistawan akan menyewa tempat tersebut.

2. Tentukan Harga

Setelah renovasi dan dekorasi selesai, selanjutnya tentukan harga yang terjangkau dan wajar atau sesuai dengan fasilitas yang kamu berikan. Untuk menentukan harga juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya buat perbandingan dengan beberapa kompetitor. Jika sudah mendapatkan harga atau tarif yang pas dan lebih murah dari hotel pastinya  banyak konsumen atau wisatawan tertarik untuk menginap. Bisa dikatakan, Harga merupakan salah satu kunci sukses bisnis sewa rumah atau airbnb.

3. Perlakukan Tamu dengan Ramah

Meskipun sudah memberikan pelayanan terbaik melebihi hotel dengan harga yang lebih murah tidak berarti kamu semena-mena dengan tamu atau wisatawan. Tetaplah berlalu ramah kepada semua konsumen atau wisatawan meskipun tidak menyewa. Perlakuan ramah menjadi poin plus bagi semua calon konsumen dan konsumen yang pada akhirnya berimbas pada meningkatkan jumlah penyewa dan pendapatan bisnis sewa rumah yang kamu jalankan. Salah satu pelayanan yang bisa kamu coba yaitu menjadi guide yang menjelaskan lebih dalam mengenai potensi wisata yang ada disana, jika beruntung biasanya mendapatkan fee dari wisatawan dan jadi tambahan pemasukan diluar bisnis sewa rumah.

4. Daftarkan ke AirBnb

Airbnb sebenarnya sebuah startup yang mempelopori bisnis sewa rumah dan memiliki banyak customer di seluruh dunia. Dengan banyak member di dalamnya kamu bisa memanfaatkannya dan mendaftarkan bisnismu di airbnb. Sebelum mendaftar siapkan terlebih dahulu penginapan, tarif, logo yang unik agar customer tertarik untuk menyewa dan bisa diingat oleh para customer. Jika sudah siap dan lengkap silahkan mendaftar di airbnb dan jangan lupa pelajari syarat dan ketentuan yang diberikan.

5. Testimoni Pengunjung

Ketika banyak customer yang menyewa, jangan hanya diam dan berpuas diri. Ketika ada waktu senggang, datangilah mereka dan tanyakan bagaimana pendapat mereka tentang layanan dan bisnis sewa rumah yang jalankan. Semakin banyak komentar positif tentunya bisnis airbnb yang kamu jalan semakin terpercaya dan semakin meyakinkan customer untuk menginap sebaliknya jika banyak komentar negatif sangat sulit mendapatkan customer dan banyak hal yang harus kamu perbaiki.

6. Promosi di Media Sosial dan Hubungkan dengan Pelanggan

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, memanfaatkan media sosial merupakan poin yang penting dan tepat. Kamu bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial seperti Blog, Facebook, Twitter dan Instagram sebagai wadah promosi yang cukup potensial. Untuk memudahkan dan menjangkau lebih banyak audience jangan lupa berikan hashtag di setiap postingannya. Satu lagi, jika ada yang tertarik dan kepo minta mereka untuk mencantumkan nama tempat dan kontak yang bisa dihubungi, ya.

7. Legalitas

Terakhir dan poin paling penting, untuk memudahkan dan melancarkan bisnis sewa rumah untuk jangka panjang urusan legalitas menjadi poin yang tak bisa dilepas. Beberapa daerah memiliki aturan atau cara yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan sebelum memulai bisnis sewa rumah, kamu sudah mendapatkan kepastian hukum dan izin dari pemerintah setempat.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "7 Poin Penting yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Rumah (airbnb) Terbaru Tahun 2018"

Posting Komentar